Catatan hati...

 photo catatanhati2_zpscf021a88.jpg

3.02.2009

Donat Ubi Rambat

Puffff...
Pagi ini aku agak telat dari biasanya. Jam sepuluh aku sampai di kantor. Itulah akibatnya kalau bangun jam 6 pagi, padahal subuh menjelang azan aku sudah terbangun, tapi kok malassss sekali untuk bangkit dari tempat tidur. Kemarin

seharian aku lebih banyak mengerjalan pekerjaan rumah, ditambah keinginan untuk buat donat, berhubung ada ubi rambat yang tersisa di kulkas dari minggu kemarin. Kebetulan di warung dekat rumah ada jual pengembang roti, tepung terigu dan tepung gula. Jadilah donatku kemarin. Habis buat donat aku buat keripik ubi. Nah, keripik ini juga harus segera dibuat karena ubinya sudah stand by sejak senin kemarin. Oya, untuk buat keripik ini yang enak adalah pakai cabe kering giling, bukan cabe merah giling. Sebenarnya cabe kering ini adalah cabe merah juga, cuma dijual dalam bentuk kering. Yang kupakai kemarin adalah stok terakhir dari cabe kering yang dibawa Mommy dari Dabo. Dah lama, ya.. sengaja aku simpan di freezer biar tahan. Oya, aku tuliskan ya, resep donat. Walaupun foto hasil yang sudah jadi tidak ada...

Donat Ubi Rambat

Bahan:
- 1/5 kg ubi rambat bisa yang warna kulitnya kuning atau ungu, direbus sampai lembut dan dilumatkan
- 1 bungkus pengembang roti
- 2 sdm margarine
- 2 sdm gula pasir
- 1/2 sdt garam halus
- 1 kotak susu cair ultra putih isi 200 ml atau bisa diganti dengan santan kental kurleb 1/4 kg
- 1 bh telur ayam
- 1/2 kg tepung terigu
- 1/4 kg tepung gula untuk taburan atau bisa juga pakai misis or keju
- Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:
Campur margarine, telur, pengembang roti, susu cair, gula pasir, garam ke dalam baskom dan aduk dengan tangan hingga menyatu. Masukkan ubi yang sudah halus dan diaduk sampai rata, lalu masukkan terigu sedikit demi sedikit. Uleni dan sambil dibanting-banting (bisa juga untuk meluapkan emosi..).
Setelah kalis, ambil sejumput, lalu dibulatkan dan disusun ke dalam wadah yang lebar dan sudah ditaburi sedikit tepung terigu sebelumnya, supaya tidak lengket. Atur jarak masing-masing bulatan, dan kemudian ditutup dengan koran.
Diamkan paling cepat 30 menit.
Panaskan minyak, ambil satu buah buah bulatan adonan tadi perlahan dan buat lubang dengan ibu jari ditengahnya, lalu masukkan ke dalam kuali dan lubang yang tadi digoyang-goyangkan dengan sumpit. Masak hingga kekuningan, angkat dan dinginkan. Setelah dingin silahkan ditaburi gula tepung atau olesi metega dan ditaburi misis or keju di atasnya.

Untuk kurleb 25 bh

So.., kemarin itu aku jadi sakit pinggang, karena kebanyakan kerja. Masih sempat bersihin rumah, kipas angin, dll-lah. Oya, beberapa hari ini aku sudah mengalami kram kaki. Diusia kehamilan 5 bulan. Mudah-mudahan bulan ini bisa USG, mulai penasaran jenis kelamin baby ke-2 ini. Trus sekarang wajah aku kelihatan lebih bersih, lho.

Kabarnya orang hamil kan begitu ya, muka lebih bersinar dan kinclong.. Hehe..
Ya udahlah, aku mau kerja. Sejak sampai langsung bikin postingan... Met kerja juga buat semuanya, ya.....

1 comments:

mimi RaDiAl mengatakan...

dayank, kayaknya enak nih. ku copas ya....dah 5 bulan ya kehamilannya ? jaga kesehatan ya, dan jangan terlalu cape salam buat sikakak....kangen nih