Catatan hati...

 photo catatanhati2_zpscf021a88.jpg

12.11.2012

Alkisah Jam "Baru"

Jam ini pemberian Om Adi, suami dari adik ipar saya. Dibagikan secara gratis dari perusahaan tempatnya bekerja. Karena tiap sudut rumah sudah cukup dengan jam, saya menaruhnya di tempat yang kosong, yaitu di dapur. 

Suatu saat, ketika angin kencang pada malam hari, secara tidak sengaja jam ini terjatuh. Salah satu tempat mur bagian tepinya patah. Untungnya kacanya masih utuh.

Oleh suami, jam ini kemudian diperbaikinya. Dia mendapat ide, bagaimana karena sekalian bongkar, backgroundnya diganti. Kami menyetujuinya. Setengah merayu Dymsi, kami memintanya merelakan salah satu gambar yang dia warnai untuk diletakkan di jam tersebut. Awalnya dia tidak mau, bahkan matanya sempat memerah. Tapi kami jelaskan bahwa dengan diletakkan hasil karyanya di jam, itu berarti gambarnya bagus, dan hasil pekerjaannya akan bisa dilihat selalu.

Kisah jam baru ini kemudian membuat ruangan kami menjadi indah, karena memang rumah kami sudah banyak di tempeli gambar-gambar Dymsi secara acak, coretan dinding yang belum pernah dicat ulang.
Tapi jam ini sering mati sesaat, jarumnya sangkut entah karena apa.

Penasaran, saya bongkar ulang. Ternyata ketidakseimbangan posisi kaca karena patahan salah satu mur tadi penyebabnya. Teringat ada sebuah lem 'setan' yang bisa dimanfaatkan, sekarang jam ini belum berulah lagi. Mudah-mudahan tidak akan "nyangkut' lagi.

Semua kesalahan, pasti ada sebabnya. Semua masalah pasti ada akarnya. Semua kegagalan pasti ada titik tolaknya. Kadang kita lupa untuk menemukan titik itu. Kadang dalam emosi kita tidak mau menelusuri akar masalah. Sehingga yang kita permasalahkan adalah masalah itu sendiri, tanpa mau meluang waktu untuk intropeksi diri.

Memaafkan jika kesalahan itu dari orang lain, dan segeralah meminta maaf jika memang kita merasa kesalahan itu adalah akibat pernbuatan kita. Bahkan yang lebih mulia jika kita ikhlas mengulurkan tangan, meminta maaf atas suasana tidak nyaman tersebut tanpa  mencari siapa yang salah dan siapa yang benar

Siti Nurbaya (HANNY WANG)
Berbisnis itu menyenangkan
Oriflame Consultant | http://beranibermimpi.web.id |
Mother| Online-bussinesswomen|
Owner Flamboyan Daycare | http://raflamboyan.blogspot.com

0 comments: