Catatan hati...

 photo catatanhati2_zpscf021a88.jpg

10.05.2012

Kutil dan Mata Ikan

Ada yang pernah punya?
Aku pernah, saat umur masih 6-7 tahun, mungkin, lupa-lupa ingat. 
Saat itu posisinya di lutut. 
Masih kecil gak pernah terpikir gimana catra ngilanginnya. Dulu, kami dibilang, kalau kutil itu adalah hasil kencing kodok/katak.  Alhasil, setiap bertemu katakkami selalu menjauh, karena khawatir dikencingin dan menjadi kutil.

Malam-malam puasa menjelang lebaran, sebagai anak kecil aku menhabiskan waktu bermain kembang api, berlarian di depan rumah yang tanahnya masih kasar. Bisa ditebak, kemudian aku terjatuh. Lututku mengeluarkan banyak darah, sampai Mamak memarahiku, karena tidak berhati-hati. Apalagi sebentar lagi lebaran. 
Sampai sekarang luka itu masih membekas di lutut kananku. Dan bersamaan dengan jatuhnya aku, kutil itu juga ikut hilang. Mungkin begitu besar luka di lututku saat itu.
Akhirnya aku bebas dari kutil.

Nah, 3-4 bulan terakhir, tiba-tiba aku dapat lagi :( 
Sedihnya, kali ini posisinya di paha kiri. Kecil sih, tapi jelas sangat mengganggu.
Kemudian suamiku browsing, katanya dulu dia juga pernah punya 1 di tangan, trus diobati dengan obat kutil / mata ikan, namanya Collomax. Ampuh, katanya.
Tapi sekaragang Collomax sudah gak ada lagi, diganti dengan Callusol.

Ternyata Callusol kandungannya Asam salisilat, yang 40% berfungsi mengangkat sel kulit mati.
Mengolesinya tidak boleh terkena kulit yang lain.

Beberapa lama menggunakan Callusol, akhirnya kutilku mulai menipis dan sekarang sungguh tinggal sedikit lagi. Senangnya :)
Tips menggunakan Callusol dari aku, olesin 2-3 hari, kemudian istrirahat 1-2 hari untuk pengelupasan, kemudian dipakai lagi dan seterusnya.

Hasil browsingan, banyak yg bilang Callusol gak mempan. Barangkali cara di atas bisa membantu teman-teman, Karena Callusol selain mudah ditemukan dimana-mana, ternyata cukup efektif juga.

Nah, ini aku dapat postingan penjelasan tentang kutil / mata ikan.
Virusnya sama loh, dengan virus yang terdpat pada 'Manusia Akar'.

Merinding, diriku..
Yuk ah, yang punya kutil / mata ikan walau cuma satu buah, cepat diobatin yaaaa...
***
Tentunya anda tahu tentang kutil atau yang sering juga disebut mata ikan atau bahkan mengalami penyakit ini. Penyakit ini sering dianggap memalukan dan kampungan, sehingga akan membuat rasa tidak nyaman dan tidak percaya diri terhadap penderita. Jadi apa sih sebenarnya kutil atau mata ikan ini? Mari kita ulas bersama pada artikel ini.
Kutil atau Verruca Vulgaris adalah suatu tumor jinak yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). HPV akan menyebabkan lapisan kulit menjadi menebal. Gejala yang timbul umumnya adalah dengan peninggian permukaan kulit berbentuk bulat atau oval yang kasar, berwarna lebih terang atau lebih gelap dibandingkan daerah sekitarnya, dan walaupun jarang dapat pula disertai dengan nyeri. Verruca Vulgaris tidak berbahaya dan dapat sembuh sendiri, pada umumnya akan hilang setelah beberapa bulan, namun dapat pula bertahun-tahun
Terdapat sekitar 130 tipe HPV, beda tipe akan menyebabkan penyakit yang berbeda pula. Misalnya, kutil pada tangan diakibatkan oleh HPV tipe 2, sedangkan kutil yang terjadi pada kaki lebih sering disebabkan oleh HPV tipe 1. Tipe HPV tersebut merupakan tipe yang jinak, namun ada beberapa HPV tipe lain yang dapat menyebabkan penyakit yang serius dan mengancam jiwa, misalnya kanker serviks.
Pengobatan Verruca Vulgaris dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu pengobatan medisinal dan pembedahan, Untuk pengobatan medisinal dapat diberi obat topikal asam salisilat atau podofilin. Sedangkan untuk pembedahan, dapat ditempuh dengan berbagai teknik, misalnya dengan cryotherapy (bedah beku), elektrokauterisasi, dan laser.
Verruca Vulgaris adalah penyakit menular, namun penularan dan penyebarannya dapat dicegah, yaitu dengan menjaga kebersihan diri, mencegah terjadinya kontak, dan jangan lupa untuk mencuci tangan apabila menyentuh kutil karena dapat menyebar atau menularkan ke orang lain.
Kutil penyakit kecil tapi tidak boleh disepelekan. Mau jadi seperti manusia akar?



2 comments:

rosalia sulistijawati mengatakan...

Trimakasih postingnya bagus, mb Hanny Wang.bermanfaat, anak saya n ponakan kena mata ikan juga.

rosalia sulistijawati mengatakan...

Trims, bagus potingannnya mb siti nurbaya. Bermanfaat buat anak saya.