Catatan hati...

 photo catatanhati2_zpscf021a88.jpg

4.25.2013

Kartini seperti yang dicita-citakan Kartini

Sudah berlalu Hari Kartini, 21 April.
Bercermin dari hari Kartini, yang merupakan tonggak bersejarah bagi Perempuan Indonesia, dimana emansipasi yang sebelumnya tenggelam menjadi timbul berkat seorang wanita bernama Kartini.


Sejarah diperingatinya Hari Kartini adalah setelah ditetapkan oleh Presiden Soekarno sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional dan hari lahrinya diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kita kenal dengan Hari Kartini.

Kartini sangat tertarik pada kemajuan berpikir perempuan-perempuan di Eropa hingga timbul keinginannya untuk memajukan perempuan pribumi yang pada saat itu berada pada status sosial yang rendah. Surat-surat Kartini sebagai hasil korespondennya dengan beberapa rekan sahabatnya di Eropa kemudian dijadikan sebuah buku yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang.

Sekarang telah banyak lahir Kartini-kartini yang baru.
Apa yang dicita-citakan Kartini kini telah terwujud, bahkan mungkin Kartini yang sekarang banyak yang telah menyimpang dari apa yang dicita-citakan oleh Kartini sebenarnya.
Perempuan kini bukan hanya minta disamakan dengan laki-laki dalam berbagai hal, bahkan sangat banyak perempuan yang merasa lebih hebat dari pada laki-laki, tak jarang melupakan kodratnya sebagai perempuan.

Kembalilah menjadi Kartini seperti yang dicita-citakan Kartini.

0 comments: