Catatan hati...

 photo catatanhati2_zpscf021a88.jpg

10.27.2012

No.. no..

Subuh ini kehilangan inspirasi untuk menulis.
Sedihnyaaa...
Padahal banyak job tulis menulis yang harus aku selesaikan. Tapi benar-benar otak lg blank.. hiks hiks...

Biasanya saat hening begini, jariku lancar mengetik setiap hal yang terpikir dalam kepalaku..
Mumett...

Tidur aja lagi yaa...

10.19.2012

Cara Menahan Marah

Terinsipirasi dari status 'adikku' malam ini,
semoga bisa meredam amarahmu, ya sayang.....


Dengan tulisan ini saya kembali menulis tentang amarah, karena saya sering melihat orang-orang saat ini sering kali gampang terpancing oleh emosi karena hal-hal yang kecil.

Tetapi saat ini saya coba membahas bagaimana cara menahan amarah menurut ajaran Islam. Saya sempat membaca beberapa hadist menahan amarah, rasulullah berwasiat "jangan menjadi pemarah" .

Dalam hal tersebut mengandung kemungkinan arti melakukan menahan dengan sekuat tenaga menyebabkan terjadi kemarahan, sehingga kita terhindar dari efek-efek negatif dari marah dan sifat mudah marah.

Dalam hal lain, Rasulullah  memberikan nasihat tentang cara-cara menghilangkan dan cara menghindarkan efek yang tidak diinginkan dari marah dengan beberapa cara sebagai berikut.

Pertama ketika kita marah kita dianjurkan membcaa ta'awuz. Al imam AL Bukhari dan Al imam Muslim rahimakumullah meriwayatkan hadist dari sulaiman bin surod Radliyallahu'anhu : " Ada dua orang tercela di sisi nabi dan kamu sedang duduk di samping beliau. Salah satu dari keduanya mencela lawannya dengan penuh kemarahan sampai memerah wajahnya. Maka nabi bersabda " Sesungguhnya aku akan ajarkan suatu kalimat yang kalau diucapkan akan menghilang apa yang ada padanya, yaitu dia mengucapkan `Audzubillahi minasy Sayithani rajim` maka mereka berkata kepada yang marah tadi.

Cara kedua yang diajarkan oleh nabi, apabila dengan Ta'awudz kemarahan belum hilang maka kita disyariatkan dengan duduk, tidak boleh berdiri.
Al Imam, Ahmad dan Abu Dawud meriwayatkan hadist dari Abu Dzar bahwa nabi bersabda "Apabila salah seorang diantara kalian marah dalam keadaan berdiri duduklah, jika belum hilang maka berbaringlah" hal ini mungkin menurut pandangan saya, jika kita dalam posisi berdiri kemungkinan melakukan hal negative lebih besar, dan penguasaan diri jika kita berdiri. Maka akan lebih baik jika mengikuti nasihat nabi untuk duduk ataupun berbaring jika kita dalam keadaan marah. Insya Allah akan dapat menghilangkan amarah kita.

Ketiga, ketika kita marah kita diminta untuk diam tidak berbiara ketika marah merupakan obat yang mujarab untuk mengjilangkan penyakit kemarahan, karena banyak bicara dalam keaadn marah tidak bisa terkontrol sehingga terjatuh pada pembicaran yang kurang baik atau pun tercela, dalam hadist disebutkan "Apabila diantara kalian marah ma adiamlah" Nabi mengucapan tiga kali (HR Ahmad)

Cara keempat adalah dengan cara berwudhu ataupun mandi, sesungguhnya marah itu adalah dari setan, dan setan itu tercipta dari api mka api bisa diredam dengan air, demikian juga sifat marah bisa diredam dengan berwudhu. Rasulullah bersabda " sesungguhnya marah itu dari syaithan itu diciptakan dari api, dan api itu diredam dengan air maka diantara kalian marah berwudlu-lah (HR Ahmad)
Jadi sekali lagi saya hanya mencoba mengingatkan sahabat-sahabatku sekalian bahwa amarah tidak lah mempunyai bermanfaat, apalagi bila kita sampai tidak bisa mengontrol diri, yang kemungkinan hal terburuklah yang akan terjadi dan akan berujung dengan penyesalan. Dengan ini saya mengajak sahabat-sahabat untuk dapaat lebih sabar dan tidak mudah marah.

Dalam segi medis juga marah kurang bermanfaat, dan akan banyak menyebabkan penyakit, mungkin serangan jantung, hipertensi, stroke, dan penyakit lainya. Mari kita ciptakan lingkungan yang bersahabat, damai, penuh cinta dan kasih. Dengan demikian kehidupan kita akan menjadi lebih baik. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk sahabat-sahabat semua dan untuk diri saya sendiri yang terkadang masih tidak bisa menahan rasa amarah yang ada.

10.18.2012

Beri Aku Waktu, Ya Robb..

"Selamat malam,
Apa kabar, Dik?
Sudah makan belum?"

Seumur hidup, baru belakangan  ini aku ditanya seperti itu :(

Rasa di dada:
Senang, bahagia dan haru.

Karena yang menanyakannya adalah saudara kandung yg baru aku kenal lima puluh hari terakhir ini.

Aku merasa seperti ingin dilahirkan kembali.



Tidak cukup waktu untuk melupakan semuanya menjadi kenangan. Tidak cukup kata-kata untuk menghiburku. Tidak mudah membiarkannya menjadi masa lalu seperti apa yang semua orang bilang.
Karena aku adalah pemeran utamanya.
Semua orang boleh bilang aku beruntung.
Tapi bagiku perjalanan hidup ini sangat berarti.
Aku yang menjalani, seumur hidup akan tetap membayang dan membekas.

Hanya bisa bedoa, semoga Yang Maha Kuasa beri kami usia yg panjang,
Beri kami waktu untuk tetap bisa selalu bersama
Beri aku waktu untuk merasakan bagaimana indahnya punya mereka
Beri aku kesempatan untuk bisa mempersembahkan sesuatu buat semuanya
Beri aku waktu untuk bisa terus menulis dan berkata, aku sayang kepada semuanya
Beri aku kekuatan untuk meyakinkan diriku, bahwa ini adalah yang terbaik dari skenario-Nya

Jangan pisahkan kami lagi, Ya Allah...





10.08.2012

...Dan mama menangis saat aku diserahkan..

Mamaku.
Aku senang telah mendengar suara mama hari ini.
Akhirnya aku tahu bagaimana sedihnya mama ketika aku mama serahkan.
Berhari-hari lamanya mama memikirkanku.
Dan bertahun bahkan berpuluh tahun mama berharap bisa bertemu dan memberitahuku, bahwa mama adalah ibu yg mengandung dan melahirkan aku.

Mama bercerita, saat disusui mama, aku adalah bayi yang tenang, sangat tidak cengeng. Namun aku berubah 180 derajat, setelah aku mama tinggalkan. Cengeng, sangat dahsyat, mungkin karena batin kami masih terikat. Aku bayi, mencari mamaku.
Mama juga bercerita, tentang Ko Aleng yg tidak mau dikasi roti, Apapun, krn dia hanya ingin aku, adiknya kembali.

Aku katakan pada mama, bahwa aku tidak marah pada mama. Aku sayang, cinta mama. Rindu mama dan rindu papa.

Aku tidak minta mama bercerita, aku tidak meminta mama membuka luka lama. BarangkaLi karena mama ingin aku tau, bahwa berat ketika aku mama tinggalkan, mama serahkan.
Dan kini aku tau jawabannya, air mata mama mengalir saat aku bayi lepas dari pelukannya.

i Love u, mom...
Sampai kapan pun.

posted from Bloggeroid

Nikmat Sehat

Awal Oktober disambut sakitnya Dymsi.
Demam, beberapa hari. Baru saja Dymsi sembuh, Ahmad pula yang demam, batuk, pilek.
Hari-hari yang berat, karena malam mereka tidak bisa tidur dengan nyenyak, demikian pula diriku.

Tapi hari ini sudah berangsur pulih. Syukur Alhamdulillah...

Begitu nikmatnya melihat mereka bersenda gurau, tertawa, berlari.
Pertengkaran mereka menjadi hal yang sangat dirindukan saat keduanya sakit.
Ternyata itulah nikmatnya sehat.
Yang tidak ditemukan saat mereka sakit.

Makin belajar, bagaimana harus sabar menemani hari-hari mereka.
Bagaimana menjadi ibu yang lebih baik dan bijaksana.

10.05.2012

Kutil dan Mata Ikan

Ada yang pernah punya?
Aku pernah, saat umur masih 6-7 tahun, mungkin, lupa-lupa ingat. 
Saat itu posisinya di lutut. 
Masih kecil gak pernah terpikir gimana catra ngilanginnya. Dulu, kami dibilang, kalau kutil itu adalah hasil kencing kodok/katak.  Alhasil, setiap bertemu katakkami selalu menjauh, karena khawatir dikencingin dan menjadi kutil.

Malam-malam puasa menjelang lebaran, sebagai anak kecil aku menhabiskan waktu bermain kembang api, berlarian di depan rumah yang tanahnya masih kasar. Bisa ditebak, kemudian aku terjatuh. Lututku mengeluarkan banyak darah, sampai Mamak memarahiku, karena tidak berhati-hati. Apalagi sebentar lagi lebaran. 
Sampai sekarang luka itu masih membekas di lutut kananku. Dan bersamaan dengan jatuhnya aku, kutil itu juga ikut hilang. Mungkin begitu besar luka di lututku saat itu.
Akhirnya aku bebas dari kutil.

Nah, 3-4 bulan terakhir, tiba-tiba aku dapat lagi :( 
Sedihnya, kali ini posisinya di paha kiri. Kecil sih, tapi jelas sangat mengganggu.
Kemudian suamiku browsing, katanya dulu dia juga pernah punya 1 di tangan, trus diobati dengan obat kutil / mata ikan, namanya Collomax. Ampuh, katanya.
Tapi sekaragang Collomax sudah gak ada lagi, diganti dengan Callusol.

Ternyata Callusol kandungannya Asam salisilat, yang 40% berfungsi mengangkat sel kulit mati.
Mengolesinya tidak boleh terkena kulit yang lain.

Beberapa lama menggunakan Callusol, akhirnya kutilku mulai menipis dan sekarang sungguh tinggal sedikit lagi. Senangnya :)
Tips menggunakan Callusol dari aku, olesin 2-3 hari, kemudian istrirahat 1-2 hari untuk pengelupasan, kemudian dipakai lagi dan seterusnya.

Hasil browsingan, banyak yg bilang Callusol gak mempan. Barangkali cara di atas bisa membantu teman-teman, Karena Callusol selain mudah ditemukan dimana-mana, ternyata cukup efektif juga.

Nah, ini aku dapat postingan penjelasan tentang kutil / mata ikan.
Virusnya sama loh, dengan virus yang terdpat pada 'Manusia Akar'.

Merinding, diriku..
Yuk ah, yang punya kutil / mata ikan walau cuma satu buah, cepat diobatin yaaaa...
***
Tentunya anda tahu tentang kutil atau yang sering juga disebut mata ikan atau bahkan mengalami penyakit ini. Penyakit ini sering dianggap memalukan dan kampungan, sehingga akan membuat rasa tidak nyaman dan tidak percaya diri terhadap penderita. Jadi apa sih sebenarnya kutil atau mata ikan ini? Mari kita ulas bersama pada artikel ini.
Kutil atau Verruca Vulgaris adalah suatu tumor jinak yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). HPV akan menyebabkan lapisan kulit menjadi menebal. Gejala yang timbul umumnya adalah dengan peninggian permukaan kulit berbentuk bulat atau oval yang kasar, berwarna lebih terang atau lebih gelap dibandingkan daerah sekitarnya, dan walaupun jarang dapat pula disertai dengan nyeri. Verruca Vulgaris tidak berbahaya dan dapat sembuh sendiri, pada umumnya akan hilang setelah beberapa bulan, namun dapat pula bertahun-tahun
Terdapat sekitar 130 tipe HPV, beda tipe akan menyebabkan penyakit yang berbeda pula. Misalnya, kutil pada tangan diakibatkan oleh HPV tipe 2, sedangkan kutil yang terjadi pada kaki lebih sering disebabkan oleh HPV tipe 1. Tipe HPV tersebut merupakan tipe yang jinak, namun ada beberapa HPV tipe lain yang dapat menyebabkan penyakit yang serius dan mengancam jiwa, misalnya kanker serviks.
Pengobatan Verruca Vulgaris dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu pengobatan medisinal dan pembedahan, Untuk pengobatan medisinal dapat diberi obat topikal asam salisilat atau podofilin. Sedangkan untuk pembedahan, dapat ditempuh dengan berbagai teknik, misalnya dengan cryotherapy (bedah beku), elektrokauterisasi, dan laser.
Verruca Vulgaris adalah penyakit menular, namun penularan dan penyebarannya dapat dicegah, yaitu dengan menjaga kebersihan diri, mencegah terjadinya kontak, dan jangan lupa untuk mencuci tangan apabila menyentuh kutil karena dapat menyebar atau menularkan ke orang lain.
Kutil penyakit kecil tapi tidak boleh disepelekan. Mau jadi seperti manusia akar?